Rabu, 28 Februari 2018

Bantuan Mini Comby Untuk Panen Padi Dari Dinas pertanian

Selasa  6 Pebruari 2018  pukul 09.30 wib bertempat di Balai desa Rejosari kecamatan Bancak kabupaten Semarang telah dilaksanakan pemberian bantuan dari dinas pertanian kabupaten Semarang kepada kelompok tani Sidorejo yang berupa Mini Comby dan pemberguna untuk memanen padi. 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian kabupaten Semarang. diwakilkan Kasi Pangan Bapak utomo gunarto.Sp, Kepala desa Rejosari ibu Eni wijayanti,Danramil 04/Bringin diwakili pelda Kodir. 
PPL Kecamatan Bancak, Ketua poktan Sidorejo Bapak Putut Setyadi, Perwakilan anggota poktan sidorejo sejumlah 50 orang.
Sambutan dari Kasi pangan Dinas pertanian kabupaten Semarang,Dengan mengucapkan puji syukur yang telah Allah limpahkan kepada kita sehingga kita masih bisa bekerja dan berkarya dalam pengembangan pertanian dan Ketahanan Pangan di kecamatan Bancak kab Semarang. Di era perkembangan tekhnologi ini kita dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut terutama dalam hal peralatan yang modern. Karena dengan alat (Mini Comby) tersebut pada hakikatnya untuk mempercepat pemanenan yg berupa padi,  Sejalan dengan perkembangan teknologi cara pemungutan hasil (panen) pertanian pun secara bertahap,  tahap demi tahap berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Tuntutan kebutuhan  akan pakan mendesak pemikir untuk memecahkan masalah-masalah bagaimana meningkatkan produksi, meningkatkan produksi kerja sesuai dengan waktu yang tersedia. Dalam meningkatkan produksi, salah satu aspek yang harus ditekan serendah mungkin adalah masalah kehilangan produksi diwaktu panen. Sedangkan dalam meningkatkan kemampuan kerja adalah bagaimana menekan waktu yang dibutuhkan dalam menanam dalam satuan luas tertentu,Ini bertujuan agar dalam waktu yang cepat dapat memungut hasil yang maksimal dengan kehilangan produksi serendah mungkin dan efisiensi kerja serendah mungkin. Alat dan mesin panen terdiri dari banyak macam dan jenisnya yang digolongkan menurut jenis tanaman dan tenaga penggerak, juga menurut cara tradisional maupun semi-mekanis sampai yang modern. Menurut jenis tanaman, alat dan mesin panen digolongkan untuk hasil tanaman yang berupa biji-bijian, tebu, rumput-rumputan, kapas dan umbi-umbian. Sedangkan untuk hasil tanaman yang berupa biji-bijian dibagi jenisnya untuk padi, jagung, kacang-kacangan. Akan tetapi, karena disesuaikan dengan kebutuhan, maka dalam hal ini hanya akan membahas alat dan mesin panen untuk tanaman padi,macam dan Jenis Alat/Mesin Panen Padi, Cara pemanenan padi dapat dibagi dua macam cara, yaitu cara
tradisional dan cara mekanis. Dengan cara tradisional alat yang digunakan adalah ani-ani atau sabit. Sedangkan macam-macam alat/mesin tersebut, terlebih dulu mengurutkan kegiatan-kegiatan yang terjadi sejak dari panen, kemudian pengumpulan/pengikatan, perontokan, pengeringan dan penggilingan. Selasa (06/02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar