Rabu, 28 Februari 2018

Latihan Sispamkota Polres kabupaten Semarang Dalam Rangka Pengamanan Pilkada

Senin  5 Februari 2018 pukul 08.15 Wib di Stadion Pandanaran Kelurahan. Wujil Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang telah berlangsung Latihan Penanganan Unjuk Rasa Anarkhis dan Sispamkota Tahun 2018 dengan tema "Polres Semarang Siap Mengamankan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018". Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Semarang, AKBP Agus Nugroho, Sik dan diikuti lebih kurang 800 personil Polres Semarang .
Hadir dalam kegiatan antara lain, Wakil Bupati Semarang, Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Danramil 15 /Klepu Kodim 0714/Salatiga mewakili Dandim 0714/Salatiga, Para Kabag, Kasat dan Kapolsek se jajaran Polres Semarang, Dansub Denpom Ambarawa mewakili Dandenpom Salatiga serta  Tokoh Agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Semarang .
Satuan personil yang terlibat dalam Sispam kota , antara lain, Polres Semarang, Kodim 0714 / Salatiga, Linmas Kabupaten Semarang,tujuan diadakan latiihan ini rangka mengantisipasi terjadinya gangguan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018 mendatang. Dimana Kab. Semarang terdapat 1769 TPS dan memiliki DPS 767.810 orang. 
Dalam latihan disimulasikan,. Adanya proses Pemungutan suara di TPS 01 Kel.  Sidomulyo Kec. Ungaran Kab. Semarang. Dimana terdapat salah seorang warga yang ditolak karena tidak memiliki persyaratan sebagai salah seorang pemilih (undangan dan KTP) dan melakukan protes. Sehingga melaporkan dan membawa warga lainnya mendatangi TPS. Setelah mendapat penjelasan dari petugas TPS, massa diarahkan untuk KPU dan mendapatkan penjelasan dari KPU. Dimana dalam proses di KPU terjadi penambahan massa dan situasi semakin memanas sehingga pihak kepolisian yang siaga di KPU menerapkan tahapan-tahapan penanggulangan aksi massa seperti negosiasi,  dialog,  pemasangan bariier dan pendatangan Dalmas, Unit K9 hingga pembubaran massa dengan menggunakan water canon serta penangkapan provokator serta konsolidasi, Kegiatan simulasi diakhiri dengan dilakukannya Patroli Sispam Kota TNI dan Polri di masing-masing wilayah.
Sambutan dari Kapolres Semarang,Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas terselenggaranya peragaan/simulasi penanggulangan Unras Anarkhi dan Sispamkota dalam rangka pengamanan pesta demokrasi Pilgub dan Wagub Jateng 2018, Kegiatan peragaan/simulasi ini dilakukan dalam rangka mengecek persiapan personel pengamanan dan alat peralatan serta melatih personel agar senergi dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada Pilgub dan Wagub Jateng tahun 2018, Pelaksanaan pesta demokrasi Pilgub dan Wagub Jateng tahum 2018 merupakan pesta rakyat Jateng sehingga pelaksanaan pesta demokrasi harus berjalan dengan tertib dan aman, Terimakasih atas peragaan/simulasi penanggulangan Unras Anarkhi dan Sispamkota dalam rangka pengamanan pesta demokrasi Pilgub dan Wagub Jateng 2018 dengan baik. Senin (05/02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar